Sesungguhnya aku ini memberikan hiburan bagi batinku dengan sedikit permainan, supaya hatiku itu lebih tegar berdiri diatas kebenaran. [Abu Dardaa' r.a.]
Informasi dan Promo TOYOTA SUMBAR HUB : Edo Toyota Astra 081363956598 Atau BBM 5A87117B
Atau instalasi sistem operasi troubleshooting, Network dan upgrading dll: 081363956598 atau blog ini....
khusus daerah padang dan sekitarnya....n_n

WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access)


Teknologi berkembang dengan sangat cepatnya. Baru saja kita heboh dan sudah merasa puas dengan adanya hotspot dan Wifi, sekarang kita sudah harus dipuaskan lagi dengan kehadiran perkembangan teknologi yang satu ini.

WiMAX. WiMAX merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dengan jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan pendahulunya, Wifi. WiMAX merupakan evolusi dari pendahulunya, namun dikemas lebih menarik dan dengan fitu-fitur yang lebih lengkap dan lebih menarik pula. Disamping mampu memberikan kecepatan data yang tinggi, WiMAX ini juga merupakan teknologi dengan open standar dimana WiMAX dapat dioperasikan oleh beberapa vendor telekomunikasi yang berbeda. Dengan kecepatan akses data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul dan high speed enterprise.

Walaupun tampaknya WiMAX ini mirip dengna WiFi, namun dalam implementasinya WiMAX dan WiFi sangat berbeda. Pada WiFi, dari segi OSI Layer, yakni standar pada lapis kedua, dimana Media Access Control (MAC) menggunakan metode akses kompetisi, yaitu dimana beberapa terminal secara bersamaan memperebutkan akses, sedangkan MAC pada WiMax menggunakan metode akses yang berbasis algoritma penjadwalan (scheduling algorithm). Dengan metode akses kompetisi, maka layanan seperti Voice over IP atau IPTV yang tergantung kepada Kualitas Layanan (Quality of Service) yang stabil menjadi kurang baik. Sedangkan pada WiMax, dimana digunakan algoritma penjadwalan, maka bila setelah sebuah terminal mendapat garansi untuk memperoleh sejumlah sumber daya (seperti timeslot), maka jaringan nirkabel akan terus memberikan sumber daya ini selama terminal membutuhkannya. Sistem kerja MAC-nya (Media Access Control) yang ada pada Data Link Layer adalah connection oriented, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi berbentuk video dan suara dan memungkinkan penggunanya untuk dapat berinternet dengan koneksi yang sangat cepat dan mudah.

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX
  • http://infotkjbaqdhat.blogspot.com/2010/01/teknologi-wimax.html
  • sumber (freyskaniad73)

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan pesan y.....okay
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More